Info Peluang Usaha, Usaha Kreatif Rumahan dan Bisnis Sampingan

Contoh Proposal Usaha Kecil Menengah yang Baik dan Benar

Contoh Proposal Usaha Kecil Menengah yang Baik dan Benar - Proposal dalam dunia usaha adalah hal yang harus benar-benar dipahami oleh si pengusaha. Karena proposal inilah yang nantinya akan membuat anda dipercaya atau tidak oleh klien anda. Oleh karenanya, anda diwajibkan untuk memahami cara membuat proposal usaha yang benar. Untuk membantu anda, kami akan menjelaskan beberapa hal tentang proposal usaha, serta memberikan contoh proposal usaha kecil dan menengah yang baik dan benar.

Sebuah proposal dalam usaha, diperlukan untuk berbagai hal. Contohnya, untuk mengenalkan usaha ataupun memohon permintaan dana kepada sponsor. Dan agar kedua hal tersebut dapat berjalan dengan lancar, penting untuk mengetahui tentang susunan dan isi dari proposal tersebut. Tanpa berlama-lama lagi, simak informasi ini dengan lengkap dan temukan jawaban permasalahan anda.

Contoh Proposal Usaha Kecil

Susunan atau Struktur Contoh Proposal Usaha Kecil
Didalam membuat sebuah proposal usaha kecil, anda perlu menjelaskan beberapa hal didalamnya, seperti

1.  Deskripsi Usaha
Anda harus menjelaskan jenis usaha apakah yang akan dibangun. Tidak hanya itu, penting untuk menjelaskan hal lain seperti nama pemilik serta alamat usaha yang akan dibangun. Sehingga data usaha telah terlengkapi dan membantu klien untuk mengidentifikasi usaha.

2.  Daftar Isi
Seperti biasa anda dapat memasukkan daftar isi, untuk memberikan petunjuk tentang isi setiap halaman.

3.  Pendahuluan
Isikan bagian ini dengan latar belakang usaha. Usahakah untuk mengisinya dengan jelas dan detail tentang maksud pendirian usaha. Untuk lebih jelasnya, anda dapat melihatnya pada bagian contoh proposal usaha kecil yang akan dibahas berikutnya.

4.  Pembahasan dalam Contoh Proposal Usaha Kecil
Selanjutnya anda dapat memulai pembahasan usaha. Biasanya bagian ini berisi, jenis usaha hingga bagian jumlah karyawan.

5.  Aspek Pemasaran
Bagian ini akan menjelaskan tentang segmentasi pasar, serta beberapa hal lain yang berkaitan dengan usaha pemasaran produk ataupun jasa.

6.  Penutup
Biasanya bagian ini diisi dengan kesimpulan dan harapan untuk usaha agar dapat berjalan lancar.

Contoh Proposal Usaha Kecil Makanan
Berikut ini akan dijelaskan secara detail tentang contoh proposal usaha kecil, sehingga anda dapat mencontohnya untuk jenis usaha anda.

Contoh Proposal Usaha Kecil 02


CONTOH PROPOSAL USAHA KECIL MAKANAN

Deksripsi Pengenalan Usaha

Nama Usaha  : Jajanan Bergizi Lulung Kesel: Telur Gulung Keju Sambel
Jenis Usaha : CV Perorangan
Bentuk Usaha : Industri Kecil Menengah
Nama Pemilik : Steven Dong
Alamat : Jalan Sayu Mata No 190, RT09/09, Cicilan, Kredit, Jawa Barat


DAFTAR ISI
(pastikan halaman-halaman ini sesuai dengan lembaran-lembaran yang sudah anda print)

PENDAHULUAN
RUMUSAN MASALAH
PEMBAHASAN
ASPEK PEMASARAN
PENUTUP

BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang
Telur adalah salah satu jenis bahan makanan yang dapat diolah menjadi berbagai macam produk, dengan berbagai rasa yang melezatkan. Produk-produk tersebut, antara lain  telur dadar, bahan dasar kue, omelet telor, telor mata sapi, martabak, bahan dasar kue, dan masih banyak lagi. Namun, bila dibandingkan dengan bahan makanan yang lain, telur memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan memiliki cita rasa yang berbeda, jika diolah dengan cara yang unik.

Telur merupakan salah satu komoditas yang berpotensi merebut hati masyarakat luas dengan kandungannya, khususnya di Jawa Barat. Hal ini bisa dilihat sebagian besar tempat makan, di pedagang kaki lima, pedagang SD juga menggunakan telur sebagai bahan lauk atau jajanan yang ditawarkan.  Selain itu, telur mudah didapatkan di berbagai tempat, dan harganya pun dapat terjangkau disemua kalangan masyarakat. Harga telur berkisar sekitar, Rp 20.000 Kg atau Rp.1000 per butir. Oleh karena itu telur banyak dikonsumsi seluruh masyarakat di Indonesia.

Lulung Kesel merupakan salah satu produk inovasi terbaru yang kami buat sebagai santapan yang memiliki cita rasa yang berbeda dengan olahan telur lainnya. Lulung Kesel adalah telur gulung yang diberikan varian saus yang berbeda. Guna memenuhi kebutuhan karbohidrat dan gizi yang lainnya, Lulung Kesel ini akan diberikan variasi sebagai pelengkapnya, seperti bakso, sosis, dan yang lainnya. Dengan adanya “selimut” di dalam Lulung ini, akan memberikan efek mengenyangkan dan juga dapat dijadikan lauk pelengkap bila dihidangkan dengan nasi.


BAB II
GAMBARAN UMUM USAHA

Pada saat ini telur  merupakan salah satu makanan yang digemari masyarakat. Hal ini bisa kita lihat betapa menjamurnya produk-produk makanan yang berbahan dasar telur. Melihat antusiasme pasar yang begitu baik dalam menerima produk-produk berbasis telur maka dari itu kami hendak membuat produk berbahan dasar telur yang bersifat kreatif dan inovatif yang memiliki nilai jual dan cita rasa yang bersaing. Disini kami berencana membuat telur dengan branding “Lulung Kesel”. Di dalam Lulung Kesel ini memiliki  berbagai varian rasa, diantaranya Lulung Kesel Original, Lulung Kesel Ngaso, Lulung Kesel Tongsis. Diharapkan kedepannya berbeagai rasa ini akan menarik keinginan konsumen untuk mencoba semua varian.


BAB III
PEMBAHASAN

Jenis Produk Usaha
(Sesuai dengan yang telah dijelaskan)

Modal Usaha Makanan
(Jelaskan pengeluaran yang harus anda siapkan), contohnya Kompor, Gas, Minyak ataupun telur yang menjadi bahan utama. Anda juga dapat memasukkan bahan-bahan lainnya, seperti gerobak ataupun bahan pendukung lain seperti keju serta cabai.

Biaya Operasional Usaha Makanan
(Jelaskan tentang beberapa pengeluaran untuk transportasi, biaya listrik air, ataupun biaya operasional lainnya). Jangan lupa untuk memasukkan pengeluaran untuk gaji karyawan setiap bulannya.

Omset Perbulan
Anda dapat menjelaskan berapa kemungkinan uang yang akan anda dapatkan. Hitung pendapatan harian dan kemudian kalikan dengan hari penjualan. Untuk mendapatkan laba bersih, anda dapat mengurangi hasil pendapatan tersebut dengan biaya operasional. Contohnya Rp 5.089.000- Rp 2.500.000, hasil pengurangan inilah laba bersih yang mungkin anda dapatkan.

Waktu Kegiatan
Jelaskan kapan anda akan berjualan, apakah seminggu setiap hari atau adakah hari-hari tertentu. Hal ini penting, karena akan berpengaruh pada bagian perhitungan laba.

Jumlah Karyawan
Pastikan jumlah karyawan yang akan direkrut, untuk menentukan pengeluaran gaji mereka.


BAB IV
BENTUK PEMASARAN/PROMOSI USAHA

Segmen Pasar
Kalangan mana yang menjadi sasaran produk anda. Jelaskan pada bagian ini dengan detail.

Strategi Pemasaran
Jelaskan tentang bagaimana anda akan membuat produk atau jasa menjadi pilihan konsumen. Hal ini penting karena akan menentukan jalan atau tidaknya usaha anda.

Promosi
Promosi macam apa yang akan dilakukan, anda dapat menjelaskannya pada bagian ini. Contohnya, penyiaran media sosial, cetak ataupun mendatangi pelanggan.

Sistem Penjualan
Dalam usaha meningkatkan pendapatan, sistem berjualan seperti apa yang anda lakukan. Apakah akan menyediakan delivery dengan mendatangi pengunjung atau hanya berhenti pada salah satu temapat.


BAB V
PENUTUP

Kesimpulan
Hal inilah yang dapat kami sampaikan, kiranya usaha jajanan bergizi ini dapat berjalan lancar. Dan semua pihak dapat membantu baik dalam hal materi maupun moriil. Sehingga usaha ini juga dapat membantu untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat disekitar wilayah Jawa Barat. Terimakasih.

Itulah sekilas penjelasan dan contoh proposal usaha kecil. Kiranya, dapat membantu anda untuk membuat proposal yang baik dan benar. Sehingga proposal anda dapat diterima dan dapat membantu anda untuk mendapatkan sponsor dalam menjalankan usaha kecil.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Proposal Usaha Kecil Menengah yang Baik dan Benar

0 komentar:

Posting Komentar